Bisnis musik digital, sebuah prediksi

Sebuah hasil riset yang diadakan oleh IE Market Research memprediksikan di tahun 2014 pendapatan dari musik digital akan mencapai $32.5mil. Prediksi ini berdasarkan dari pantauan tren yang akan terjadi lima tahun mendatang yaitu penetrasi internet broadband di negara-negara berkembang yg semakin tinggi.

Asia Pasifik diprediksikan sebagai penyuplai pendapatan terbesar untuk dunia. Wajarlah, wilayah ini punya penduduk yang banyak dan juga tren konsumerisme nya juga tinggi.

Yang masih menjadi tantangan adalah file-sharing ilegal yang semakin menjamur dan belum nyatanya peran pemerintah untuk menanganinya. Serta harga yang pantas untuk membeli musik digital. Meskipun konsumtif, rupanya harga tetap menjadi pertimbangan. Istilahnya, kalau ada yang gratis ngapain bayar?

Prediksi hanya akan jadi nyata jika ada usaha mewujudkannya. Inovasi-inovasi telah diterbitkan sejak 2000an. Aplikasi download musik, streaming online, a la carte model, ataupun dengan model berlangganan telah dilempar. Tinggal tunggu bagaimana eksekusi marketing, kesepakatan bisnik dengan perusahaan rekaman hingga bagaimana konsumen akan menanggapinya.2011 akan menjadi panggung yang seru!

-sent from n8

komentar lama klik