Nokia World: Musik + Teknologi = Keuntungan Bagi Artis Dan Pecinta Musik

 

Masih dari event Nokia World yang salah satu agendanya menghadirkan diskusi panel dengan pelaku industri hiburan kelas dunia. Dipandu oleh Ralph Simon, seorang veteran di bisnis hiburan dan mobile, diskusi bertajuk “Just Play! – changing the way we discover and enjoy music” ini menyedot minat untuk memprediksi arah industri hiburan kaitannya dengan industri telekomunikasi.

Sebagai pembicara ada Noel Lee, CEO Monster – produsen piranti headphone, Eric Daugan, SVP Warner Music, Marc Marot, CEO Sports Entertainment Group dan Michael Bebel, Head of Music Nokia. Terungkap lewat panel ini yaitu bagaimana fans musik masih memilih radio sebagai media mereka menemukan musik baik baru ataupun musik lama. Permasalahannya adalah radio tradisonal dibatasi oleh peran music director dalam pemilihan lagu yang disampaikan. Belum lagi kalau lagu yang diputar dan kemudian kita suka kita tidak bisa memutar ulang dan mesti request ke stasiun radio tersebut. Hal ini dengan kemajuan teknologi tentunya dapat dijawab dengan hadirnya layanan music streaming MixRadio yang memungkinkan untuk menemukan lagu yang mungkin disukai dan tentu memiliki lagu tersebut untuk diputar ulang ratusan kali. Lalu setelah memiliki lagu, jika fans musik ingin melihat secara nyata aksi panggung si artis yang kita suka dapat diketahui lewat aplikasi GigFinder dimana aplikasi ini akan mencarikan gigs terdekat lokasi kamu dan bisa jadi itu adalah artis kesukaan kamu.

Dari teknologi sudah menjawab, lalu bagaimana dari industri musiknya? Seperti yang dikutip dari Musically, Eric Daugan mengomentari bahwa dengan kemajuan teknologi ini akan membawa keuntungan bagi para artis musisi. Peran label pun akan bergeser menjadi artist services company yang akan membantu para artis ini mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi tersebut.

 

 

Gambar dari Musically