Nokia Dalam Kaitannya Dengan Musik dan Indonesia

nokia music

Pengen tau apa aja sih peran Nokia dengan musik terutama di industri musik Indonesia? Ini ada beberapa ‘milestones’ penting dimana Nokia berperan aktif tidak hanya sebagai penyedia perangkat keras komunikasi tetapi juga ikut membantu menghidupkan industri musik lewat ekosistem dan perjalanan sejarah yang panjang.

1994: Nokia seri 2110, tipe ini menampilkan monophonic ring tone yang iconic yang merupakan penggalan dari komposisi ‘Grand Valse’, sebuah komposisi solo gitar ciamik dari gitaris Spanyol Francisco Tárrega yang dibuat sekitar 1902

1997: Nokia seri 8110i adalah ponsel Nokia pertama yang mendukung untuk download ringtone

2001: Nokia seri 7650 tonggak dimana polyphonic ringtone diperkenalkan. Tahun inipula Nokia meluncurkan seri ponsel Nokia 5510 yang merupakan ponsel yang didedikasikan khusus untuk musik. Nokia juga menghadirkan seri 8310 yang mana memiliki radio FM didalamnya.

2002: Nokia seri 7210 ponsel pertama Nokia yang memiliki output stereo

2003: Nokia seri 3300 ponsel dengan tombol khusus untuk memutarkan musik. Tahun ini pula Nokia bekerjasama dengan artis Hip hop Jay-Z menghadirkan album Black dalam format digital yang langsung dibenamkan kedalam ponsel Nokia 3300.

2004: Nokia seri 7710 menghadirkan visualisasi Radio untuk lebih memuaskan pengalaman mendengarkan musik dalam perangkat bergerak.

2005: Nokia mengenalkan seri ponsel 8800 yang merupakan ‘ponsel mewah’. Di ponsel ini juga dibenamkan komposisi dari Ryuichi Sakamoto yang dapat digunakan sebagai nada pengingat ataupun ringtone. Tahun ini pula hadir N91 ponsel pertama yang hadir dengan kapasitas penyimpanan 4GB dan mampu menyimpan hingga 3,000 lagu kualitas tertinggi. Di tahun ini pula Nokia menghadirkan Nokia 3250 XpressMusic yang merupakan moyangnya dari seri XpressMusic yang hingga kini masih digemari dan dicari.

2006: Nokia terus menghadirkan ponsel-ponsel yang mendukung pemutaran musik. Di tahun ini hadir pula Nokia Podcasting Application yang mempermudah mendapatkan podcasting untuk di download secara on-the-go.

Tahun yang sama, Nokia Indonesia bekerjasama dengan developer aplikasi lokal, in-Touch menghadirkan solusi Air-Album Platform distribusi musik secara digital ini kemudian diboyong hingga kawasan Asia Pasifik.

2007: Nokia hadir dengan layanan Nokia Comes With Music, sebuah layanan musik yang revolusioner dihadirkan agar orang-orang dapat menemukan dan menikmati musik secara resmi kapan saja dan dimana saja. Layanan ini pertama kali hadir di Inggris. Di tahun ini pula hadir Nokia Internet Radio.

Sebagai bentuk kepedulian Nokia Indonesia terhadap musisi jalanan yang ada di Indonesia, Nokia bekerja sama dengan Sony BMG menghadirkan sebuah program bertajuk Nokia Peduli Musisi Jalanan. Hasilnya musisi jalanan terpilih dapat rekaman dengan band GIGI dan merilis lagu berjudul ‘Ikan Laut’ milik alm. Farid Harja http://youtu.be/gvHdmymevhI

photo courtesy Rakyat Merdeka

2008: Nokia Music Store hadir di Australia, Finland, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Singapura, Spanyol dan Swedia

Di tahun ini juga hadir Nokia Independent Artist Club (Nokia IAC) di Indonesia yaitu sebuah situs tempat musisi independent memerkan karyanya.

photo courtesy Edelweiss Band

2009: Nokia semakin memperkuat layanan Nokia Music nya dengan berbagai fitur seperti download dari PC untuk melengkapi download di ponsel.

2010: Nokia Comes With Music hadir di Indonesia menghadirkan layanan unduh lagu utuh secara gratis dengan total katalog lebih dari 3 juta lagu dan terus bertambah tiap minggunya.

2011: Nokia Comes With Music berubah nama menjadi Musik Ovi Sesukamu dengan tetap berkomitmen memberikan musik yang relevan dan gratis bagi masyarakat Indonesia.

2012: Nokia menghadirkan kampanye Nokia Cinta Musik Indonesia, yaitu sebuah gerakan untuk mendorong download lagu secara resmi, gratis dan menyenangkan lewat Nokia Music.