music enthusiast

music is hearing it, feeling it & making it

By

Bangku Taman – Langkah Baru

bangku taman langkah baruMenurut gue: Bangku Taman masih setia dengan warna folk rock nya dengan lagu berjudul Langkah Baru ini. Sebagai rilisan di awal tahun 2013, lagu Langkah Baru ini punya pesan cukup positif. Lirik lagunya mewakili anak-anak muda kelahiran 80an pertengahan sampai akhir yang besar dengan musik-musik alternatif dan tinggal di daerah urban. Yah kayak gue gitu, tinggal di Bekasi kerja di Jakarta, tiap pagi harus berjibaku untuk datang ke tempat kerja, belum lagi macet, panas kalo lagi panas, hujan kalo lagi hujan, penuh perjuangan deh intinya. Pas sampe kantor ternyata telat, bos udah datang duluan, dimarahin deh jadinya gue karena dateng telat. Yah terus duduk deh di cubicle kesayangan, sambil nyetel lagu ini terus liat-liat YouTube, ngetweet, ngupdate blog, nunggu jam makan siang, terus pulang. Gitu deh pokoknya. Sayang lagu ini rekaman yang diunggah di soundcloud bukan versi terbaiknya, jadi kualitasnya nanggung.

 

Soundcloud:

 

Lirik:

Langkah Baru

Kulangkahkan kaki
Ku susuri hari hari bersama sinar mentari burung burung berkicau iringi langkah ku tuk aktivitas setiap hari

dan daun daun pun mulai bernyanyi lagu lama yang kini terulang lagi

demi musim yang bergulir dan demi waktu enggan berhenti

kulangkahkan kaki
ku susuri hari hari bersama sinar mentari burung burung berkicau iringi langkah ku tuk aktivitas setiap hari

segarnya hembusan angin pagi hari rumput dan bunga pun turut bernyanyi

demi musim yang bergulir dan demi waktu yang enggan berhenti

dan suara bising mesin yang trus bercanda
suara angkuh dan kesombongannya kota

demi musim yang bergulir dan demi waktu yang enggan berhenti

 

 

Menurut Mereka:

bangkutaman memberikan kado spesial di tahun baru dengan merilis single terbarunya yang bertajuk “Langkah Baru”. bangkutaman memberikan kado spesial tahun baru buat fansnya dan buat pecinta musik Indonesia dengan merilis single secara gratis. Mengambil tajuk “Langkah Baru”, lagu ini adalah karya terbaru bangkutaman sejak mereka menelurkan album Ode Buat Kota di tahun 2010.

Lagu ini ditulis vokalis Wahyu Nugroho atau biasa dipanggil Acum, dengan musik dibuat dan dikerjakan oleh bangkutaman. Tetap bernuansa folkrock, namun di lagu ini, bangkutaman menyelipkan sedikit gaya-gaya chord powerpop 70-an ke dalamnya. “Hanya 1 mililiter aja, ‘ndak banyak. Ya, nyoba-nyoba eksplorasi,” kata vokalis yang umum disapa Acum tentang lagu ini.

Lirik langkah baru sendiri lebih bercerita tentang aktivitas keseharian seseorang di tahun yang baru. Lagu ini sarat akan nuansa positif, meski di tengah-tengah situasi yang kadang ‘enggan’ untuk berubah, langkah baru seakan mengajak kita untuk mengubah kita menjadi pribadi yang baru. Pribadi orang perkotaan yang tahan banting dan pantang menyerah.

Penulisan lagu ini dibuat Acum pada suatu pagi ketika sang vokalis ini hendak berangkat menuju ke tempat pekerjaannya. “Saya tengah di kereta dan saya ingat pagi itu hangat, saya rasakan sinar matahari masuk lewat kaca jendela kereta. Saya lihat sekeliling, hari itu orang-orang nampak bersemangat sekali, terlihat dari wajahnya,” ungkapnya. Gitaris J.Irwin dan dramer Dedyk Nugroho bersama kibordis Madava pun menyambut baik lagu ini dengan mencoba mengolah musiknya secara bersama-sama di studio.

Proses rekamannya sendiri dilakukan secara live overdub selama 3 hari di studio di dalam record store bernama Heyfolks! yang memang jadi basecamp dari bangkutaman.

Suara perempuan di lagu ini diisi oleh Stephanie Eka atau yang lebih dikenal dengan Sesi. Sesi sebelumnya mengisi vokal di mini album Sakit Generik milik singer-songwriter Harlan.

Semoga single “Langkah Baru” ini bisa menyuntikkan semangat baru buat pecinta musik indonesia dan masyarakat pada umumnya untuk menjalani hidup yang baru di tahun yang baru.

Selamat tahun baru 2013!

 

Contact: Satria Ramadhan +62818496654 satriaramadhan@gmail.com (Satria Ramadhan Management)

  • Nur Sobah

    Love music folks :* ahhhhh thanks review nya