Mengunjungi Toko Musik Online Milik Aquarius Musikindo

aquarius music online

Belanja CD memang pengalaman yang unik terutama dalam merasakan suasana dinginnya pertokoan dan sapa hangat dari penjaga toko. Indera pengelihatan dijejali dengan setumpuk artwork yang berjajar rapih sesuai dengan kategori yang ada. Musik mengalun memenuhi hasrat indra pendengaran. Sebuah pengalaman yang ‘mahal’ bagi para pecinta musik untuk menghabiskan waktu di Toko CD.

Namun jamannya sudah berubah. Digital memasuki eranya dan mulai menggerus dikit demi sedikit eksistensi toko CD. Gue pernah mengangkat soal nasib Toko CD kedepannya,  Industri musik pun terus berusaha agar CD terus dapat di distribusikan hingga sampai ke tangan pecinta musik melalui -entah itu- restoran, ritel modern ataupun bundling dengan produk.

Aquarius Musikindo sebagai brand musik yang cukup ternama di negeri ini terus berusaha untuk tidak tertinggal. Perusahaan rekaman yang sudah berdiri sejak  tahun 60-an ini punya unit usaha dari recording, publishing, studio hingga retail. Menurut gue ini seperti One stop solution bagi para musisi yang serius membuat karya, memasarkannya dan menghasilkan uang.

Era internet dan digital juga berdampak bagi bisnis Aquarius Musikindo terutama untuk retail, toko CD nya. Toko yang sebelumnya berlokasi diantaranya di Pondok Indah, Mahakam (Jakarta) dan Dago (Bandung) ini beberapa tahun belakangan menghadapi tantangan penyusutan. Toko Pondok Indah dua tahun lalu harus tutup dan kini hanya menyisakan toko di daerah Mahakam, Blok M.

Aquarius Musikindo bulan Januari tahun ini meluncurkan toko online di alamat http://www.aquariusmusiconline.com . Toko online ini menyediakan hampir semua katalog musik terbaik dari dalam negeri. Kategorisasi katalog baru antara new releases dan best sellers. Dan dikelompokan berdasarkan abjad. Tidak ada kategorisasi berdasarkan genre pula. Saat gue liat-liat toko online ini, gue tidak menemukan cara untuk mencari album dengan fungsi search.

Yang menarik adalah toko musik online Aquarius Musikindo ini memiliki sistem pendaftaran yang mana dapat menyimpan data-data kita sebagai pembeli (ya iyalah). Kita juga dapat memasukkan wish list untuk produk apa yang ingin dibeli di kemudian hari.  Sistem pembelian masih mengandalkan transfer via Bank BCA. Dan pengirimannya mengandalkan jasa kurir JNE.

Mungkin gue terlalu dini untuk mengunjungi toko musik online milik Aquarius Musikindo ini. Karena kabarnya situs ini baru dibuka untuk umum sejak awal tahun 2013 ini. Masih banyak sebenernya yang bisa dikembangkan dari sini seperti memberikan review tiap produk album dengan deskripsi ataupun rating bintang. Perlu juga ditambahkan social-share di tiap-tiap produk agar promosinya menjadi viral.

Inilah salah satu geliat dari salah satu label rekaman di Indonesia yang terus berinovasi. Selain toko musik online, Aquarius Musikindo menyediakan gimmick yaitu Music Card http://musicard.aquarius-musikindo.com/ , yaitu kartu ucapan elektronik yang disertai dengan musik dari artis kesayangan. Dan terpenting lagi, semuanya resmi sehingga artis pun tetap mendapatkan bagiannya dari sini.