Trinity Optima, Garnier Men dan Indomart Rilis Lagu Baru Ungu

lagu baru ungu garnier

Kolaborasi antara tiga perusahaan untuk merilis lagu baru Ungu ini sungguh merupakan terobosan. Trinity Optima Production dengan Garnier Men memberikan download lagu baru Ungu secara gratis bagi para Cliquers (sebutan fans Ungu) yang membeli produk facial wash Garnier Men 100 ml dan moisturizer 20 ml di gerai Indomart. Nantinya struk pembelian yang didapat dari Indomart ini akan memberikan kode iKupon untuk ditukarkan dengan lagu baru Ungu secara gratisan.

Persaingan antar produk facial wash untuk pria memang cukup ketat. Garnier Men memasang Pasha Ungu sebagai model sukses pengguna produknya. Vaseline Men memasang Ariel beserta Noah sebagai ikon dengan mengusung tema Band of Bikers.  L’oreal Men Expert juga tak ketinggalan dengan Nicholas Saputra sebagai ambassadornya. Harga yang ditawarkan Garnier cukup bersaing dari Rp. 18,000.- an hingga sekitar Rp. 25,000.-an Khusus untuk Garnier Men memang mengincar market B-C dengan bungkusan produk berkelas.

Jika dilihat dari targetnya, Garnier Men mengajak Ungu yang merupakan artis dibawah manajemen Trinity Optima Production memang sangat tepat. Ungu yang mempunyai fans cukup banyak di segment C dan D dirasa cukup inspirasional untuk mengenalkan produk sabun pencuci muka Garnier. Indomaret yang gerai nya berjajar dimana-mana sangat membantu menjangkau segment pasar ini. Program Garnier Men Unduh Lagu Ungu ini berlangsung dari tanggal 16 April hingga 31 Mei 2013. Lagu baru Ungu yang berjudul “Milik Kita” ini bisa di download setelah mengisi rangkaian kolom disini.

Sayangnya, tidak semua Indomart memiliki keterangan tentang program ini. Jadi hati-hati jika tertukar antara produk Garnier dan Garnier Men atau ketinggalan beli moisturazernya seperti gue tadi. Rak yang menjajakan produk facial wash ini tidak terlihat stand-out, justru produk lain dari Vaseline dan L’oreal yang lebih tampak mencolok.

Kiki Utami, Director Marketing Trinity Optima, mengaku bahwa program ini ada atas ide dari Garnier Men. Program Garnier Men Unduh Lagu Ungu memang baru saja diluncurkan dan masih punya satu setengah bulan untuk menjaring pembeli.

Lagu baru Ungu yang berjudul “Milik Kita” ini dibuat oleh Oncy. Lagu ini terdengar tak seperti lagu-lagu Ungu lainnya karena dibuat sesuai dengan permintaan Garnier Men untuk sebuah lagu yang lebih up-beat. Akhirnya terciptalah lagu yang memiliki nuansa musik rock Jepang.

Memang tidak biasa bagi sebuah produk non-musik memberikan hadiah berupa musik apalagi dengan menggunakan medium download internet. Biasanya toko-toko ritel seperti Indomart hanya menjajakan CD musik dan tidak ada download. Reny Agustia, Brand Manager Garnier Men, ingin mengapresiasikan pengguna setia Garnier Men yang juga pecinta musik pada umumnya dan penggemar Ungu pada khususnya. Setelah dilakukan survei kepada para pengguna Garnier Men, ditemukan bahwasanya mereka jarang membeli CD kecuali untuk koleksi khusus. Mereka kebanyakan lebih suka mendownload musik lewat beberapa situs langsung ke handphone mereka.

Kolaborasi Trinity Optima, Garnier Men dan Indomart ini merupakan suatu terobosan yang menarik. Apakah nantinya Indomart atau Garnier Men mengincar  target fans musik dengan membuka toko musik digital? Bisa saja. Siapa tau mereka lebih sukses ketimbang Walmart yang pernah membuka Walmart MP3 Music Download yang kemudian tutup pada sekitar 2011.

Saat Barcamp Musik, Kewirausahaan dan Teknologi minggu lalu, seorang pengamat musik dan teknologi, Robin Malau, sempat menyebut bahwa Trinity Optima Production adalah satu-satunya dari sekian label musik lokal yang ada di Indonesia yang cukup agresif mengadopsi perkembangan musik digital. Mungkin inilah yang dimaksud Robin kala itu. Trinity Optima Production yang selain berfokus pada artist manajemen dan juga publishing musik dan recording mempunyai sister company yang mengerjakan aktifitas digital dan online buat artis-artis yang dinaunginya. Sehingga strategi untuk digital dan online dapat diekskusi secara baik. Contoh lain dari Trinity Optima adalah kerjasama Sherina dengan Kakaotalk.

Tentu saja sebuah kolaborasi yang apik ini semoga dapat memberikan sumbangsih buat perkembangan industri musik Indonesia. Sementara itu, gue mau cuci muka dulu pake Garnier Men yang baru gue beli dan semoga gue bisa lebih ganteng dari Pasha Ungu. Sambil nyanyi di kamar mandi … “pernahkah kau merasa…begitu tampan..!” **