Bagaimana Musik Cari Duit Lewat YouTube

cari duit lewat youtube

Menanggapi pertanyaan Intan Anggita di G+ Musik, Kewirausahaan dan Teknologi tentang bagaimana musisi cari duit lewat YouTube karena jawabannya lumayan panjang jadinya gue teruskan disini.

Pada dasarnya YouTube menyediakan platform yang biasa disebut sebagai Ad-funded yang gue pernah nulis di blog ini sekitar tahun 2010. Ad-funded memungkinkan musik yang didistribusikan lewat medium internet tetap terasa ‘gratis’ bagi penggemarnya namun sebagai pemilik konten musik, musisi atau pencipta lagu tetap mendapatkan bagian berupa royalty dari pendapatan iklan tersebut. Pengembangannya Ad-funded sudah semakin maju dari sekedar menyisipkan banner iklan di website official musisi, iklan di video YouTube hingga musik streaming yang diinterupsi iklan seperti Deezer atau Spotify.

YouTube sendiri sejak tahun 2012 makin gencar memberikan kesempatan buat para pemilik konten, insan kreatif atau gue sebutnya sebagai kreator untuk memanfaatkan platformnya ini. Dengan cara bergabung di YouTube Partnership Program, para kreator ini dapat meningkatkan penghasilan dari konten digitalnya. YouTube akan menampilkan iklan baik itu in-stream Adin-video Ad ataupun banner-Ad pada video yang dimiliki para kreator. Mudahnya, setiap penghasilan dari pemasang iklan yang didapatkan oleh YouTube dan iklan tersebut tampil di video kreator, maka YouTube akan membagikan penghasilannya tersebut.

Cara untuk bergabung dan cari duit lewat YouTube adalah dengan memiliki akun di YouTube.com dong tentunya 🙂 Lalu setelah memiliki akun tersebut, masuklah ke http://www.youtube.com/account_features dan periksa apakah loe memiliki kelayakan untuk memonetize video loe di YouTube. Kira-kira bentuknya seperti ini:

youtube partner verified

Setelah itu, masuklah ke halaman pengaturan monetization atau di url ini http://www.youtube.com/account_monetization. Disini loe akan diminta memasukkan akun AdSense yang loe punya. Jangan khawatir kalo loe belum punya loe bisa buat langsung kok dengan mengklik AdSense Association. Setelah selesai membuat akun AdSense dan mengasosiasikannya ke YouTube sebetulnya pekerjaan kamu belum selesai.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dari cari duit lewat YouTube ada beberapa tips yang harus loe inget.

1. Konten karya loe tidak melanggar hak cipta. Loe mungkin saja membuat video lipsync dengan lagu orang, tetapi itu gak akan menghasilkan penghasilan yang signifikan. Video dengan menampilkan lagu orang seperti cover version juga akan sulit mendapatkan penghasilan. YouTube sangat berhati-hati terhdap konten-konten video yang melanggar hak cipta.

2. Optimalisasikan video yang loe buat dengan men-tag keyword-keyword yang sesuai. Judul video juga berpengaruh disini agar video loe gampang ditemukan oleh calon penggemar loe.

3.  Konten video yang loe buat haruslah kreatif dan memberikan arti bagi penontonnya. Tentu saja karena ini bukan cuman bagaimana loe dapet duit tetapi bagaimana loe memberikan arti bagi kehidupan orang lain.

Sebenernya ada cara yang lebih mudah lagi untuk cari duit lewat YouTube. Selain membuka Partnership Program, YouTube juga memberikan hak eksklusif pada rekan-rekannya yang termasuk kedalam Premium Partner Program. Gue tidak menyarankan loe mengejar untuk mendapatkan level premium tetapi lebih kepada bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki kerekanan tingkat premium tersebut.

Beberapa diantaranya yang untuk musik adalah Digital Rantai Maya dan 9Lives (mohon dimaklumi kedua perusahaan tersebut biarpun mengaku digital tapi websitenya belum ada, mungkin karena sibuk) hingga label rekaman seperti Aquarius Musikindo, Trinity Optima dan juga Musica Studios. Untuk konten non-musik, Dennis Adhiswara lewat perusahaannya menyediakan  Layaria. Tentunya tools yang mereka miliki lebih lengkap lagi untuk dapat memberikan penghasilan yang maksimal.

Jika loe merasa blog gue kali ini bermanfaat silahkan dishare. Loe juga bisa subscribe ke channel UnMute TV yang dibuat untuk membuka wawasan tentang bisnis musik di Indonesia. Dan subscribe juga di channel A Day A Video yang berisikan hal-hal yang menurut gue menarik dalam keseharian. Dan tak lupa, thanks for reading!