music enthusiast

music is hearing it, feeling it & making it

By

Tebak Tebak Pemenang AMI Awards 2013 Bagian Pertama

ami awards 2013

AMI Awards 2013 ini adalah anugerah musik bergengsi di Indonesia yang telah bergulir sebanyak 16 kali. Tahun ini AMI Awards mendata nominasi ada 44 kategori karya produksi, 3 penunjang produksi dan 3 bidang umum. Perhelatannya pun dibagi dalam tiga gelaran terpisah yaitu Malam Gala AMI Awards, Lifetime Achievement Awards dan The Winner’s Concert.

Setelah bersusah payah gue memperhatikan timeline twitter AMIAwards untuk menyusun daftar nominasi ini, akhirnya gue cuma menemukan 20 kategori saja dari total 50 yang dipertandingkan. Gue berharap Yayasan AMI dapat lebih serius menggarap ini dengan menyebarkan rilis resmi dan menggunakan twitter sebagai penguat pesan informasi (amplifier). Padahal mereka sanggup menyelenggarakan tiga pagelaran besar dan diliput stasiun televisi nasional.

Tanpa bermaksud merendahkan karya yang telah dibuat, gue tau itu susah bikinnya, tetapi gue punya pendapat sendiri yang menurut gue adalah karya terbaik. Dan inilah dia nominasi yang menurut gue yang terbaik tersebut:

Nominasi Artis Solo Wanita

- Audy – Bunga Citra Lestari – Citra Scholastika – Giselle – Shae – Terry

menurut gue yang terbaik adalah Bunga Citra Lestari. Tahun ini dia merilis satu single soundtrack “Cinta Sejati”, single duet dengan Intan Ayu “Hot” dan single recycle “Jangan Salahkan Dia”. Secara kualitas vokal dan komitmen musikal, BCL layak disandingkan sebagai yang terbaik.

Nominasi Artis Solo Pria

- Ari Lasso – Cakhra Khan – Fariz RM – Sammy Simorangkir – Vidi Aldiano

menurut gue yang terbaik adalah Vidi Aldiano. Apalagi dia baru saja merilis single mash-up yang merupakan hal yang jarang dilakukan di Indonesia. Berani mengambil resiko untuk tampil beda tetapi dalam karya penggabungan dua lagu sakral “Kasih Tak Sampai” dan “Pupus”. Ini adalah hal yang patut diacungi lebih dari sekedar jempol.

Nominasi Duo/Grup Pop

- Armada – d’masive – Iwan Fals feat Laduni – Maliq n d’essentials – Noah – Truth (Titi DJ & Ruth Sahanaya)

menurut gue yang terbaik adalah Noah. Pasti loe terus bilang.. gak heran.. ya iyalah. Come back-nya ini menggemparkan dan membawa semangat lagi bagi musisi-musisi Indonesia untuk kembali berkarya.

Nominasi Solo Pop Urban

- Agnes Monica – Glenn Fredly – Marcell – Once Mekel – Tompi

menurut gue yang terbaik adalah Glenn Fredly. Terserah deh Agnes mau go international, rilisan terbarunya itu dirilis secara asal-asalan. Mana orang puas dengerin lagu dengan audio quality cuman segitu. Tapi kalo bang Glenn Fredly ini kayaknya sedang berlari setelah sempet pengen pensiun bermusik. Lagu yang direkam di Lokananta dan urung edar akibat masalah ijin lagu sebetulnya berisikan lagu-lagu dengan aransemen yang bagus. Album Luka Cinta dan Merdeka yang menurut gue pas untuk diberi predikat terbaik.

Nominasi Grup Pop Urban

- Ariel Uki Lukman Reza David – Gigi – Nidji – Piyu Feat Anji – Yovie and Nuno – Tangga

menurut gue yang terbaik adalah Yovie and Nuno. Album soundtrack Negeri 5 Menara yang punya lagu berjudul Galau ini memang punya kredibilitas dari grup yang berkualitas. Gue pilih Yovie and Nuno sebagai grup pop urban terbaik.

Nominasi Grup Vokal

- 7 Icons – Cherrybelle – JKT48 – Princess – S4 – SMASH

Untuk yang ini pasti banyak yang mendukung JKT48 sebagai yang terbaik. Yap gue juga demikian. Sebagai grup yang dikemas dari hulu ke hilir menjadi sebuah produk hiburan, rasanya mereka memang pantas diberi predikat terbaik.

Nominasi Lagu POP Terbaik

- Wali “Cari Berkah” cipt. Apoy – Armada “Hargai Aku” cipt. Armada – Cakra Khan “Harus Terpisah” cipt. Aldi Nada – Sammy Simorangkir “Sedang Apa & Dimana” cipt. Mario – Noah “Separuh Aku” cipt. David Ihsan Nurahman – Tompi “Waktu Takkan Mampu” cipt. Tompi

menurut gue yang terbaik adalah Hargai Aku dari Armada. Lagu ini punya lirik yang bagus dengan musik yang sangat ke-Indonesiaan.

Nominasi Penata Musik Lagu POP Terbaik

- Terry “Butiran Debu” arr. Tito P Soenardi – Bunga Citra Lestari “Cinta Sejati” arr. Anto Hoed – Cakra Khan “Harus Terpisah” arr. Tito P Soenadi – Agnes Monica “Muda” arr. Ahmad Dhani – Noah “Separuh Aku” arr. Noah

menurut gue yang punya aransemen terbaik adalah Cinta Sejati dari Bunga Citra Lestari. Jelas Anto Hoed paham sekali lagu ini dibuat untuk keperluan membangun dramatisasi untuk film layar lebar. Dan mereka sukses melakukannya!

Nominasi Album POP Terbaik

- Sammy Simorangkir “Aku Kembali” Prod. Jeffery Djajasaputra, Anandi Oetama/ Pro M – Andra & The Backbone “Album IV” Prod. GP Records – Armada “Satu Hati Sejuta Cinta” Prod. E Motion – D’masiv “Persiapan” Prod. Indrawati Widjaja/Noey/Capung – Noah “Seperti Seharusnya” prod Indrawati Widjaja/Noey/Capung/Noah.

menurut gue yang pantas dibilang sebagai album terbaik adalah album Noah “Seperti Seharusnya”. Bukan karena euphoria kembalinya Ariel, tetapi album ini jika didengar satu demi satu lagunya masih punya ikatan kimiawi yang bikin pengen diputer terus. Gue jadi inget tulisan Mas Jaki tentang album Noah ini, dia bilang kalau AMI AWARDS ada kategori nasib mujur terbaik, maka band inilah juaranya. Yah kita berikan saja band Noah sebagai album Pop Terbaik!

Nominasi Pria/Wanita ROCK

- Gading Martin – Kamaya – Nicky Astria – Roy Jeconiah – Shae

gue masih gak mengerti kenapa Gading Martin disini Rock dan Armada itu Pop. Dan kenapa Roy Jeconiah tidak bersama Boomerang? Jadi dari pilihan yang ada gue memilih untuk tidak memilih. Atau kalau diluar dari pilihan itu, gue memilih Judika. Itu juga kalau menurut dewan juri AMI Judika masuk ke Rock.

Nominasi Solo, Duo/Group PUNK

- Boys Hate Summer – Failing Forward – Spot – Superman Is Dead – Tor

Superman Is Dead merilis vinyl tahun ini/lalu. Entah apakah itu kemudian menjadikan band ini pantas diberi predikat terbaik dari AMI. Mereka memang memiliki massa yang fanatik. Kalau gue karena gue gak tau band-band lainnya, gue melihat Superman Is Dead masih yang terbaik memang. Namun album terakhir mereka dalam bentuk vinyl itu bukannya hanya album kompilasi the best yah?

Nominasi Solo, Duo/Grup METAL

- Hard To Kill – Lord Symphony – Rotor – Seringai – Suri

Tentu yang ini gue akan pilih SERINGAI.

Nominasi Duo/Group ROCK

- Boomerang – Killing Me Inside – Kotak – Netral – Once Mekel feat Gugun Blues Shelter – Roxx

Untuk grup rock terbaik yang masih megang adalah KOTAK

Nominasi album ROCK

- Hard To Kill “Amarah Jiwa” prod. Firecatz/demajors – Roxx “Jauh Dari Tuhan” prod Crott Records/demajors – Once “Once” prod. Once/ PT. Aquarius Musikindo – Boomerang “Reboisasi” prod Boomerang/RMV Records – Seringai “Taring” prod. Highoctane Production/demajors – Konspirasi “Teori Konspirasi” prod. E Motion Entertainment

Disini kebingungan gue terjadi lagi. Sebelumnya Once masuk ke kategori solo Pop namun albumnya masuk ke kategori Rock. Bagaimana bisa sih? Oke untuk album, gue pilih Seringai “Taring”

Ini adalah bagian pertama dari tebak-tebak pemenang AMI Awards 2013 a la gue. Tunggu bagian berikutnya ya!

  • rio

    ngomong agnes monica nya biasa aja deh kliatan bgt ga sukanya… ntar lo liat album agnes terbaru yg rilis 1 juni 2013 ini. pengen tau comment lo kyak gmna!!

  • ira

    hahhahaa JKT48? norak lu ..yah lebih bagus S4 dong. JKT48 lipsync mlulu tuh. payah selera lu wkwkwkwk

  • Kotak

    JKT48 lipsync mulu memang,tapi menurut saya S4 juga suka lipsync kok, jadi sedikit respect lah karena selera orang berbeda2 dan mba gabisa ngejudge selera orang sesuai dengan pikiran mba

    • Secret

      maaf, tapi anda tau dari mana s4 lipsync? memang pernah nonton mereka live? anda tau kenapa fans mereka buanyakkkkk baik di dalam maupun luar negeri padahal mereka baru 8 bulan berkarir..
      karena suara mereka WOW, dance mereka WOW, dan ga lipsync tapi suara tetep stabil..

      saking stabilnya, suara mereka hampir sama persis kayak rekamannya, sampai2 orang2 yg cuma nyaksiin mereka dari TV, bakal ngejudge kalo itu lipsync..

      ga percaya? bisa di check di youtube, banyak banget fancam s4 tampil live, baik di dalam maupun luar negeri, kenapa saya suruh liat fancam? karena kalo dari fancam, bener2 kedengeran mana suara kaset dan mana suara asli.. kalo anda udah liat dan dengerin, tapi masih bilang itu lipsync, aduhhh >_<…. lebih baik coba kali2 nonton mereka live..

      saya memang penyuka American and European music, dan ga respect sama musik indonesia,
      apalagi Bb dan Gb (eouhhhh) :P, tapi wkt liat s4 perform, perspektif saya berubah.. saya akui mereka memang berbeda dari Gb dan Bb yg ada di Indonesia

  • Fans JKT48

    Knp klo JKT48 lipsync…masalah buat looooo???

  • victor

    Nominasi Solo, Duo/Grup METAL gw pilih HARD TO KILL lo kudu denger tuh musiknya m/

  • refi aliyefi nurdin

    menurut gue kalo nominasinya ada NOAH BAND yang pasti menang ya group band NOAH ini laaaaaaaaaaaahhhhhh,.,.

    http://carapengobatandiabetess.wordpress.com/

    http://carapengobatanmaagkronis.wordpress.com/

    http://refialiyefi.wordpress.com/

    http://obatalamiuntuk.wordpress.com/

  • ajie

    Kalau Solo wanita terbaik yg layak tu BCL secara dy kan lebih pantas dgn prestasi suksesnya lagu Ost Habibie dan ainun (cinta sejati) jd wajib jd pemenang lakhhh,,,,

  • pacul

    ekekekeke
    ngatur mic buat grup kaya Cherrybelle, 7Icons aja teknisi normal stasiun tv nasional ketar-ketir, apalagi JKT48 mic rame-rame :v
    coba ente jadi teknisi soundnya aja wokokokok

  • Indri Tedja Tyasning

    kenapa Ari Lasso gak masuk ke nominasi penyanyi rock? terus kenapa untuk nominasi artis solo pria terbaik Once gak masuk? Itu untuk nominasi grup vokal TRUTH (Titi Dj – Ruth Sahanaya) harusnya masuk juga sih.. cuma opini aja hehe

  • newmachine

    sekedar invo, lipsync itu biasanya kevutusan dari vihak TV, bukan dari vihak artizzzz….

  • Pingback: Tebak Tebak Pemenang AMI Awards 2013 Bagian Kedua | widiasmoro.com

  • joe sandi

    s4 yg menang tpi jkt48 yg menang juga gpp suka 2:2nya haha

  • Pingback: Tebak Tebak Pemenang AMI Awards 2013 Bagian Ketiga | widiasmoro.com

  • Pingback: Mengintip AMI Awards ke-16 | widiasmoro.com