Menjajal layanan musik Sony Music Jive

sony music jive

Peluncuran gadget terbaru Sony Xperia Z Ultra baru-baru ini membawa sebuah layanan musik yang bernama Sony Music Jive. Sebuah layanan musik yang menawarkan download lagu juga streaming secara gratis selama 6 bulan pertama.

Kebutuhan label rekaman untuk menguasai jalur distribusi musik digital di Indonesia dilihat sangat krusial apalagi buat perusahaan sebesar Sony Music. Mereka ingin produk musiknya dapat sampai ke tangan fans musik secara segera. Mempunyai jalur distribusi sendiri juga artinya dapat memangkas rantai distribusi dan mendapatkan keuntungan lebih lagi.

Sebelumnya Universal Music mencoba membangun eksklusifitas jalur distribusi musik digital nya di Indonesia lewat jalinan kerjasama dengan operator Indosat dan perusahaan teknologi Golden Dynamics lewat layanan yang disebut Indosat Backstage atau sekarang berganti nama menjadi Arena Music. Musica Studios tak ketinggalan dengan membangun portal Musikkamu sebagai one-stop music entertainment dan social networking yang sempat tergopoh pada awal peluncurannya dan diselamatkan lewat jalinan kerjasama dengan operator XL. Dahulu Sony Music yang sempat juga meluncurkan layanan Music Unlimited di pasaran global kecuali Indonesia, kini mencoba kembali dengan layanan musik yang disebut sebagai Sony Music Jive.

Katalog Terbatas dan Perlu Update Versi

Dengan penawaran download lagu dan streaming, Sony Music Jive yang diluncurkan untuk market Indonesia berbekal katalog sebanyak 340.000 lagu. Katalog ini berasal dari katalog lagu yang dimiliki oleh Sony Music meskipun tak semua dan juga didukung oleh katalog lagu dari label lokal Musica Studios dan Trinity Optima Production. Dibandrol gratis untuk 6 bulan pertama sejak pembelian ponsel.

Dalam Sony Xperia Z Ultra, layanan musik ini disematkan eksklusif dan langsung bisa didapat saat pembelian handphone (pre-load). Namun versi aplikasi Sony Music Jive ini yang di pre-load ini tidak terupdate sehingga tatkala mencobanya diperlukan update versi terbaru. Buat pengguna hardcore Android mungkin akan terasa beresiko tatkala melalui proses update pertama ini. Pasalnya aplikasi Sony Music Jive ini mengupdate versinya tidak melalui Google Play sehingga perlu sedikit penyesuaian pada setting ponsel untuk memungkinkan update terlaksana.

Antar muka dan Penawaran

Menikmati layar Sony Xperia Z Ultra yang lebar sangat nikmat sekali. Sehingga antar muka pada aplikasi Sony Music Jive ini mengesankan kalau loe dibawa masuk ke toko musik dengan beragam penawaran musik baru. Navigasinya pun cukup mudah ditemukan. Ada fungsi melihat lagu teratas lewat tombol Top Songs, fungsi pencarian, fungsi pemutar lagu dan tentu saja fungsi setting.

Untuk memainkan lagu yang terdapat di aplikasi Sony Music Jive ini diperlukan sambungan internet. Pengguna dapat memutarkan lagu secara streaming tanpa perlu mendaftar ataupun membayar alias gratis. Berkat eksklusifitas dengan perangkat mobile Sony Xperia, Sony Music Jive memberikan akses gratis untuk download dan streaming sepuasnya selama 6 bulan. Yup, download lagu pun gratis dari Sony Music Jive. Format lagu yang didownload adalah MP3 dengan kualias 128 Kbps dan non DRM sehingga dapat dipindahkan ke perangkat pemutar musik yang lain.

Sayangnya layar lebar Sony Xperia Z Ultra ini tidak dimaksimalkan oleh aplikasi Sony Music Jive. Jika loe coba memutar lagu baik streaming atau lagu yang telah di download pada aplikasi ini, sampul album atau artwork dari lagu yang loe putar akan muncul pecah-pecah. Agak sedikit mengganggu memang.

Meski begitu, pengguna Sony Music Jive dapat menyusun playlist dari lagu-lagu yang ada untuk dapat di stream. Tidak adanya fungsi offline streaming membuat ketergantungan terhadap internet cukup tinggi. Jadi disarankan untuk mendownload lagu-lagunya agar playlist yang dibuat tadi dapat terus didengarkan. Toh download lagunya gratis.

Tersedia Dalam Versi Desktop 

Sony Music Jive ini tersedia juga di laptop Sony Vaio yang berbasis Windows 8. Penyuka musik dapat terus menikmati lagu dalam pilihan dua perangkat tersebut meskipun antara aplikasi di mobile dan laptop. Developer aplikasi ini yaitu Infibeam Digital Entertainmeint dari India nampaknya sudah memperhitungkan faktor kenyamanan buat para penyuka musik. Dan penyuka musik semakin dimanja dengan adanya musik untuk di download gratis.