Cari Kerja di Industri Musik Dengan Jobmusik.net

cari-kerja-industri-musik

Liburan lebaran telah usai, saatnya kembali bekerja. Apakah loe lagi cari kerja di industri musik? Coba deh pake Jobmusik.net . Singkatnya, ini adalah sebuah situs yang berisikan informasi lowongan pekerjaan di industri musik. Atau kalau loe ingin menawarkan skill loe buat digunakan di industri musik, bisa juga disini.

Agus Hardiman Si Pencetus Jobmusik.net

Jobmusik.net yang baru aja dirilis ke publik ini adalah ide dari Agus Hardiman. Beliau adalah orang yang tak asing di bidang produksi musik dan juga pengajar. Karya musiknya pernah kita rasakan mungkin secara tak sadar ketika mendengarkan lagu-lagu Agnes Monica, Project Pop hingga jingle iklan seperti iklan Top 1 dan program televisi Jalan Sesama. Ia pernah menerbitkan buku tutorial menggunakan Cakewalk dan tengah mempersiapkan beberapa judul buku tutorial lagi untuk diterbitkan.

Kedekatannya dengan industri musik ini membuatnya resah melihat banyaknya potensi-potensi anak bangsa yang tersebar dan tak terpusat. Interaksinya lewat media sosial Twitter mendorongnya untuk menyatukan potensi-potensi tadi lewat satu media yang ia buat yaitu Jobmusik.net.

Disini pengguna bisa memasukkan lowongan pekerjaan di industri musik atau juga bisa mencari jasa yang berhubungan dengan industri musik. Semua itu sudah dikategorikan secara mendetil dari Audio Engineer, Jual Beli Alat Musik, Personil Band, mencari label rekaman, kebutuhan konsultan musik hingga keperluan mencari kru juga sudah dikategorikan disini.

Ekonomi Kreatif Indonesia Sub Sektor Musik

Kehadiran Jobmusik.net ini gue memandangnya dapat mendukung sinergi untuk menata ekonomi kreatif Indonesia di sub sektor musik. Bukan kenapa, industri musik di Indonesia ini terlihat begitu besar dan menjanjikan dari luar. Tetapi ketika masuk kedalamnya terasa carut marut bahkan ruwet. Untuk mencari sumber data yang valid saja susah. Bagaimana caranya coba buat membuat industri musik ini tampak seksi bagi investor untuk serius menanamkan modalnya?

Pada suatu bincang dengan peneliti dari kampus ITB, Dina Dellyana dan juga Fikri Hardiansyah, yang mencoba mengurai nilai ekonomi dari industri ini menemukan satu tantangan dikarenakan menurut data yang diperoleh, industri ini hanya menyumbang dibawah 5% kepada Negara (cmiiw). Klasifikasi profesi yang digunakan Badan Pusat Statistik tidak mencatat seluruhnya profesi yang berhubungan dengan industri musik. Contoh saja, klasifikasi yang dibuat ini tidak menyentuh peranan para pendukung seperti kru, promotor, akuntan musik ataupun teknisi di bidang musik. Padahal klasifikasi ini yang digunakan sebagai dasar penyusunan neraca dan melihat potensi serta sumbangsih dari sebuah industri untuk Negara.

Klasifikasi profesi yang dituangkan dalam Klasifikasi Baku Jenis Pekerjaan Indonesia tahun 2002 mencatat profesi yang berhubungan dengan industri musik adalah:

292 Penulis Dan Seminan Kreatif Atau Seniman Pertunjukan
Tenaga kerja dalam subgolongan ini menyusun dan membuat atau mempertunjukkan karya pujangga, drama, musik dan karya seni lainnya
Tugasnya meliputi: menulis karya pujangga; melakukan penilaian baik buruknya karya pujangga dan karya seni lainnya; mengumpulkan informasi dan menulis tentang peristiwa terkini; memahat; melukis; mengukir; atau membuat kartun; memperbaiki lukisan; menggubah musik; menari atau beraksi dalam pembuatan drama, menyutradarai beberapa produksi drama; dapat juga mengawasi tenaga kerja lain yang terlibat dalam kegiatannya.

2925 Penggubah, musikus, dan penyanyi (kecuali penyanyi jalanan)
Tenaga kerja dalam kelompok ini menggubah dan merubah pekerjaan musik serta memimpin atau berpartisipasi dalam pertunjukan mereka.
Tugas-tugasnya mencakup:
Menyusun dan menulis komposisi musik; menyesuaikan atau menggubah musik untuk kelompok instrumental khusus, alat-alat musik atau peristiwa; memimpin kelompok instrumentalia atau vokal; memainkan satu atau lebih alat musik sebagai pemain tunggal atau sebagai anggota dari orchestra; menyanyi sebagai penyanyi solo atau sebagai anggota kelompok vokal; melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan itu; mengawasi tenaga kerja lain yang terlibat dalam kegiatannya.
Jenis pekerjaan yang diklasifikasikan dalam kelompok ini:
Pencipta lagu; penyadur dan pengaransir musik instrument (orkestrator); pemimpin musik (kecuali pemimpin kelab musik/band); pemain musik (kecuali kelab malam); penyanyi (kecuali penyanyi jalanan); Pemimpin paduan suara.

3953 Musisi Jalanan, Klub Malam dan Musisi YBDI, Penyanyi dan Penari
Tenaga kerja dalam kelompok ini menampilkan musik atau nyanyian atau tarian di jalan-jalan, klub malam, sirkus, dan tempat-tempat ybdi.
Tugas-tugasnya mencakup:
Memainkan satu atau lebih peralatan musik sebagai pemain tunggal atau sebagai anggota orchestra musik popular atau sirkus atau band lain; menyanyi tunggal atau sebagai kelompok vocal pada klub malam atau menyanyi di jalan-jalan umum; mempertunjukkan tarian tunggal, dengan pasangan atau sebagai anggota kelompok tari pada tempat-tempat seperti pertunjukkan sirkus, klub malam, atau di jalan-jalan umum; melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan itu; mengawasi tenaga kerja lain yang terlibat dalam kegiatannya.
Jenis pekerjaan yang diklasifikasikan dalam kelompok ini:
Pemimpin klub musik/band; Pemain musik klub malam; Penyanyi jalanan; Penari klub malam

Platform Lain Untuk Mencari Kerja di Industri Musik

Jobmusik.net memang bukanlah satu-satunya tempat untuk mencari kerja di industri musik. Terkadang situs lowongan pekerjaan seperti jobsdb.com ataupun jobstreet.com memiliki peluang kerja di industri musik.Lewat forum seperti musisi.com atupun kaskus kadang juga didapat peluang-peluang kerja.

Agar lebih melanggengkan profesionalitas loe di industri musik, ada baiknya juga membuat profil di LinkedIn.com . Gunakan platform ini sebagai portofolio profesi dan jangan jadikan sebagai ajang curhat ataupun spam link lagu – kita udah puas dapet link lagu loe di Twitter. Biarkan orang tau ketrampilan loe bermusik lewat berbagi ide dan tulisan di linkedin.

Mudah-mudahan dengan begini dapat meruntuhkan stigma bahwa industri musik adalah industri yang tertutup. Hanya orang-orang yang punya koneksi tertentu yang bisa masuk berkecimpung di dalamnya. Tapi yah jangan lupa juga kalau kamu punya bakat yah jangan lah disimpang. Buatlah orang supaya tau kalau kamu punya sesuatu yang bisa berkontribusi bagi ekonomi kreatif demi kemajuan bangsa Indonesia. Merdeka!